Wednesday, November 7, 2012

Pendidikan Jarak Jauh - Tugas 5

TUGAS TOPIK-5
Original post was on 8 November 2012

1.      Lima generasi perkembangan PJJ dan model pembelajarannya:
Model Sistem PJJ
Model Pembelajarannya
Generasi Pertama
Print (cetak)
Generasi Kedua
Print, Audiotape, Videotape, Computer based learning, Interactive video
Generasi Ketiga
Audio teleconferencing, Video conferencing, Audi graphic communication, Broadcast TV/Radio, dan Audio teleconferencing
Generasi Keempat
Interactive multimedia, Internet based access to WWW resources, Computer mediated communication
Generasi Kelima
Interactive multimedia online, Internet based access to WWW resources, computer mediated communication using automated response system, Campus portal access
a.       Generasi Pertama
Disebut juga the correspondence model, generasi pertama ini hanya mengandalkan bahan ajar cetak atau modul. Dilihat dari karakteristik teknologi penyampaiannya, bahan ajar cetak ini memiliki fleksibilitas tinggi terhadap waktu, tempat, dan kecepatan. Peserta didik datang kekelas dengan jam-jam tertentu, dan kecepatan penyampaian materi juga tergantung seberapa cerdik pengajar menjadikan bahan ajar jadi menarik. Bahan print (cetak) yang dipakai juga dirancang secara sistematis. Sayangnya interaksinya kurang meski dari fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan peserta didik hanya mengikuti apa yang ada di bahan ajar tersebut.

b.      Generasi Kedua
Sudah pada tahap multimedia, generasi kedua pantas dapat sebutan The Multimedia Model. Masih mempertahankan budaya generasi pertama, metode print kini bersanding dengan audiotape, videotape, computer based learning, dan interactive video. Sama seperti pada generasi pertama, semua model pembelajaran generasi kedua ini memiliki karakteristik teknologi penyampaian yang sama. Bisa menjadi kecuali untuk computer based learning dan interactive video, karena dua model pembelajaran ini bisa berinteraksi dengan peserta didik.

c.       Generasi Ketiga
The telelearning model adalah sebutan tepat untuk generasi ketiga yang melupakan cara lamanya menggunakan modul. Karena model pembelajarannya yang lebih menekankan pada media audio dan video, interaksi dengan siswa pun dinilai lebih positif dibanding dengan model pembelajaran pada generasi pertama dan kedua. Meskipun begitu, generasi ketiga ini lemah dalam fleksibelitas waktu, tempat, dan kecepatan.

d.      Generasi Keempat
Kalau generasi keempat masih tidak sempurna karena model pembelajaran tidak fleksibel, maka generasi keempat ini bisa dibilang awal dari penyempurnaan karakterisitik teknologi penyamapaian melalui PJJ. The flexible learning model yang menggunakan multimedia interaktif, internet, dan computer mediated communication memilik fleksibelitas tinggi terhadap waktu, tempat, kecepatan juga bahan aja dirancang secara sistematis sehingga interaksi dengan siswanya lebih mudah.

e.       Generasi Kelima
Penyempurnaan dari generasi keempat yang disebut dengan the intelligent flexible learning model. Selain menggunakan media interaktif, internet, dan computer mediated communication, generasi kelima memiliki portal akses kampus untuk mengambil dan mengolah data disana. Karakteristik yang dimiliki oleh generasi ini pun sama dengan generasi keempat.

2.      Empat model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK.
a.       Internet
Internet adalah sumber belajar selain modul atau buku. Internet bahkan merupakan media yang paling banyak digunakan untuk pencarian bahan ajar atau tugas. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan internet sebagai sumber belajar.

b.      Blog
Pemanfaatan blog untuk menayangkan silabus dan materi perkuliahan juga bisa dimaksimalkan oleh pengajar maupun peserta didik.

c.       E-mail
Komunikasi yang bersifat pribadi mungkin tidak bisa menggunakan blog, maka penggunaan e-mail adalah hal yang tepat untuk pemanfaatan TIK.

d.      Sosial media
Sosial media adalah situs terpopuler masa kini, banyak yang membuat akun untuk situs-situs social media hanya untuk numpang eksis. Tapi tidak jarang juga memanfaatkan social media sebagai media berkomunikasi, pengumpulan tugas-tugas dan diskusi kelompok.

No comments:

Post a Comment